Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!

Mengerjakan sholat fardhu atau sholat lima waktu adalah hal yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim. Ibadah solat termasuk ke dalam salah satu rukun islam yang dianggap sebgai pondasi dalam agama islam. Tetapi, selain sholat fardhu terdapat sholat rawatib atau sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah, sebelum dan setelah melaksanakan sholat fardhu. Sholat sunnah tersebut, sangat besar manfaat dan keutamaannya. Salah satu sholat sunnah yang sangan dianjurkan adalah sholat sunnah sunnah sebelum subuh atau sholat sunnah sebelum subuh. Sholat sunnah sebelum subuh ini memiliki keistimewaan tersendiri, karena Rasulullah SAW juga selalu menjaga amalan sholat sunnah yang satu ini. Seperti yang diriwayatkan pada hadist berikut.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah menjaga shalat sunnah yang lebih daripada menjaga shalat sunnah dua raka’at sebelum Shubuh” (HR. Muslim).

Bacaan Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Niat merupakan landasan dasar utama dalam setiap menjalankan aktivitas. Begitu juga dengan sholat. Sebelum melaksanakan sholat ada baiknya mengucapkan niat terlebih dahulu di dalam hati. Berikut bacaan niat sholat sunnah sebelum subuh.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya:

“Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Taala.”

Dalam pelaksanaanya, tata cara sholat sunnah seblum subuh sama dengan sholat subuh yang memiliki dua rakaat. Hanya saja, bacaan yang dianjurkan dalam sholat sunnah sebelum subuh adalah surat Al-Kafirun dan Surat Al-Ikhlas.

Sholat sunnah sebelum subuh memiliki keutamaan yang sangat besar, berikut beberapa keutamaan sholat sunnah sebelum subuh.

  • Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh yaitu kebaikannya yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh kaum Muslimin. Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh ini juga tertuang dalam hadits dari ‘Aisyah, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Dua raka’at fajar (sholat sunnah sunnah sebelum shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

  • Mengikuti Teladan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW selalu memberikan contoh kepada umatnya agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh. Hal tersebut tercantum dalam hadist berikut.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat Shubuh. Sebelum shalat Shubuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Menutup Kekurangan Sholat Wajib

Sebagai manusia, tentunya selalu memiliki kekurangan. Begitu juga ketika melaksanakan ibadah sholat wajib. Tidak jarang sholat yang dilakukan terdapat kekurangan pada bagian-bagian tertentu. Untuk menutup kekurangan tersebut, dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah sebelum subuh. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah,

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud).

Hal tersebut merupakan beberapa keutamaan apabila melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh, masih banyak keutamaan lainnya yang bisa didapatkan dengan melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh setiap hari sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *