KETAHUI MAKANAN YANG BISA MENGOBATI KEPUTIHAN, INI 9 DI ANTARANYA!

Sumber: Alodokter.com

Girls, keputihan adalah keadaan di mana cairan atau lendir keluar dari Miss V, warnanya beragam: bening, putih susu, cream. Teksturnya juga ada yang lengket sampai berair. Hal ini tergantung pada siklus menstruasi. Namun, jangan panik dulu, kamu wajib mengetahui makanan yang bisa mengobati keputihan seperti di bawah ini.

Eits, sebelum itu, ketahui lebih lanjut mengenai keputihan. Keputihan terbagi menjadi dua: normal dan abnormal. Keputihan normal ditandai oleh cairan yang keluar bening atau putih, serta tidak berbau, sedang, keputihan abnormal, cairan yang keluar berwarna kuning, abu, atau hijau, serta jumlahnya berlebih, berbau, dan bertekstur tebal. Keputihan terjadi karena kurangnya kebersihan di sekitar Miss V, stres, atau lainnya, serta konsumsi berlebih terhadap makanan seperti mentimun, nanas, makanan pedas, makanan dengan kandungan banyak gula, alkohol. Sebagai pencegahan, yuk, konsumsi makanan yang bisa mengobati keputihan. Ini di antaranya!

  1. Sayuran Berwarna Hijau

Girls, makanan yang bisa mengobati keputihan pertama adalah sayuran hijau. Riset mengatakan, sayuran hijau bisa memerangi jamur yang menyebabkan keputihan datang. Contoh: bayam, kangkung, sausin, dll.

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan alami yang mampu membunuh jamur dalam tubuh kita, salah satunya penyebab keputihan. Kamu hanya perlu mengonsumsi yoghurt dengan meminumnya langsung atau dicampur bahan makanan lain. Selain manfaat di atas, ternyata yoghurt juga baik untuk kesehatan kulit,  terutama wajah. 

  1. Pisang

Buah berkulit kuning ini ternyata bisa mengobati keputihan karena wanita yang tengah mengalami keputihan, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi gula, maka pisang sebagai alternatif penggantinya. Kamu hanya perlu mengonsumsi buah ini 2 butir setiap hari.

  1. Daun Sirih 

Wah, siapa yang tidak mengetahui jenis tumbuhan merambat satu ini? Daun sirih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terutama dalam dunia kewanitaan. Untuk mengobati keputihan, kamu hanya perlu merebus lembar daun sirih selama beberapa menit, lalu minum airnya. Selain mengobati keputihan, fakta menyatakan daun sirih bisa menyingkirkan bau pada tubuh.

  1. Susu

Selain manis dan mengandung banyak nutrisi, ternyata susu juga bisa menghempas jauh-jauh bakteri jahat dari tubuh. Kamu hanya perlu memperbanyak konsumsi susu agar terhindar dari keputihan abnormal. Mudah sekali bukan?

  1. Buah Naga

Buah merah satu ini ternyata memiliki kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri di tubuh. Nah, buah ini bisa juga dikonsumsi para wanita yang tengah mengalami fase keputihan. 

  1. Akar Bayam 

Bayam ternyata tidak hanya daunnya yang bermanfaat, akarnya juga lho! Kaum wanita yang tengah mengalami keputihan, wajib nih mengonsumsi akar bayam. Caranya, akar bayam yang telah kamu cuci, direbus beberapa menit, dan airnya diminum.

  1. Kunyit 

Kunyit tak hanya sebagai bumbu dapur, tetapi obat tradisional yang sudah terbukti keampuhannya karena mengandung antibakteri tinggi. Namun, tahukah kamu ternyata kunyit juga bisa mengobati keputihan? Yup, caranya kamu hanya perlu mencampur kunyit dengan gula dan asam Jawa yang direbus air panas. Anjuran, rutinkan minum ramuan ini 2 hari sekali.

  1. Bawang Putih 

Bumbu dapur satu ini, ternyata bisa juga mengobati keputihan. Bawang putih yang mengandung zat alami pengendali bakteri, cocok untuk mengurangi keputihan yang tengah kamu alami.

Girls, cukup sudah penjelasan mengenai 9 makanan yang bisa mengobati keputihan. Bagaimana? Bahan-bahannya mudah ditemukan di rumah bukan? Yuk, langsung praktik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *