Cara Mudah Membuat Blog Pribadi Gratis Dengan WordPress

7 Situs Blog Gratis Ini Cocok Jadi Tempat Curhat Kamu yang Hobi Nulis

Ada banyak ruang di internet untuk semua orang. Orang suka berbagi ide, memberi bentuk pada pemikiran mereka, dan mungkin bahkan menjangkau audiens global. Untuk itu bagaimana jika kalian memulai blog pribadi? Blog sangat efektif karena beberapa alasan. Yang utama yaitu adalah 77% pengguna internet membaca blog, jadi audiens kalian sudah ada di luar sana. Selain itu, membuat blog WordPress pribadi tidak sulit dilakukan, jadi mengapa tidak mencoba melakukannya sendiri? Dalam posting ini, kami akan membimbing kalian melalui semua langkah yang perlu kalian ambil untuk memulai blog pribadi yang efektif, murah, dan bagus. Yuk baca terus cara membuat blog pribadi! 

cara membuat blog pribadi 

Seperti yang saya sebutkan, semua orang membaca blog. Jika kita melihat sisi lain dari barikade, orang-orang yang menulis blog biasanya melakukannya di WordPress. Statistik mengatakan bahwa platform WordPress menjalankan lebih dari 30% dari internet. Tetapi beberapa pengguna pertama kali mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya ada dua jenis WordPress: WordPress.org (alias yang di-hosting sendiri) dan WordPress.com (yang dilengkapi dengan hosting, tetapi tidak dengan fleksibilitas yang sama).

Pengaturan teknis saat memulai blog WordPress pribadi

Mari kita bicara tentang proses aktual membuat blog pribadi. Langkah pertama dalam membuat blog pribadi adalah hosting. Karena ada banyak perusahaan hosting yang bagus di luar sana, masing-masing menyediakan paket fitur yang beragam dan menarik, saya kira agak sulit bagi kalian untuk memilih yang sesuai dengan blog kalian. Ini dia step step membuat blog pribadi yang harus kalian lakukan

  1. Mendaftar untuk hosting web 
  2. Pilih paket hosting.
  3. Pilih nama domain untuk blog pribadi kalian.
  4. Lengkapi pendaftaran hosting kalian
  5. Pastikan WordPress diinstal selama pengaturan akun hosting.
  6. Masuk dan tulis posting blog pertama kalian.

Jika kalian tipe orang yang suka menulis, memiliki blog sendiri dapat menjadi jalan keluar yang bagus. kalian dapat membuat konten tentang apa pun yang kalian inginkan, kapan pun kalian inginkan, dan berbagi pemikiran kalian dengan teman, jaringan, dan orang asing yang sama sekali tidak kalian kenal. Jika kalian merasa memiliki pengalaman dalam kewirausahaan, kalian bahkan dapat menggunakan blog pribadi kalian ke jaringan di bidang kalian dengan menulis tentang perkembangan terbaru dan wawasan kalian sendiri. Setelah kalian memulai blog pribadi, kalian akan dapat memasukkan fitur dan informasi apa pun yang menurut kaian perlu. Namun, ada beberapa elemen yang harus dimiliki oleh blog pribadi, pengen tahu? Ini dia!

  • Fokus pada posting blog. Tidak seperti situs WordPress statis, kalian ingin posting blog kaian menjadi pusat perhatian.
  • Beberapa informasi diri seperti email dan sosial media, untuk mempersonalisasikan konten kaian dan membantu audiens kalian membuat koneksi.
  • Tautan ke profil media sosial kalian dan informasi kontak, untuk pengunjung yang ingin mengikuti kalian atau menghubungi kalian.
  • Format posting blog yang dipilih dengan cermat, untuk membuat setiap postingan di blog menjadi sangat mudah dibaca dan menarik.

Untungnya, keempat unsur ini mudah dan sangat gampang untuk dicapai. Itu berarti kalian mungkin tidak perlu menggunakan tema premium yang mewah atau mencari fitur-fitur kompleks berbayar lainnya. Sebagai gantinya, kalian dapat memilih alternatif gratis yang lebih baik untuk anggaran kalian. Gampangkan guys? Untuk kalian yang memiliki hobi menulis, langsung saja buat blog pribadi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *