Tips Menyiapkan Anak Hadapi Hari Pertama Sekolah

Hasil gambar untuk hari pertama anak sekolah

Pada saat anak mulai sekolah tentunya sebagai orangtua, khususnya para bunda akan sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari membangunkan anak, memandikan, mengenakan baju seragam anak, membuat sarapan, dan lain sebagainya. Semua aktivitas tersebut akan dijalani oleh para bunda yang memiliki anak yang sudah sekolah.

Mungkin karena anak sudah terbiasa berada di rumah dan bersantai, sehingga akan sulit untuk membangunkannya di pagi hari di hari pertama masuk sekolah. Hal ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi bunda untuk membangunkan anaknya supaya tidak terlambat pergi ke sekolah. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi seputar tips parenting tentang tips menyiapkan anak hadapi hari pertama sekolah sebagai berikut ini :

  1. Bangunkan Secara Perlahan

Dalam hal ini, bunda bisa mulai dengan membuka tirai dan jendela kamarnya, dan biarkan sinar matahari masuk sehingga sang anak akan terbiasa dengan cahaya setelah tidur semalaman. Lalu tepuk-tepuk secara perlahan supaya anak tidak kaget. Kemudian bawa ke ruang tengah maupun ruangan yang bisa dengan mudah bunda awasi, untuk menjaga supaya anak tidak tidur kembali. Dan biarkan anak sampai kesadarannya pulih dan ras kantuknya hilang.

  1. Masak Untuk Sarapan

Sembari menunggu anak benar-benar bangun, bunda bisa siapkan sarapan kesukaan anak. Tak usah yang ribet-ribet, cukup buat sarapan sederhana yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya.

  1. Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat

Karena anak akan merasa kedinginan jika mandi pagi dengan menggunakan air dingin, maka bunda siapkan air hangat untuk mandi anak supaya lebih nyaman. Mandilah sekalian berdua sama bunda sehingga tidak perlu bersiap-siap dua kali.

  1. Tidur Lebih Awal

Buat anak tidur lebih awal dari biasanya, kalau perlu pasang alarm dan lebih baik lagi jika bunda bisa menciptakan suasana dimana sang anak akan menunggu-nunggu waktu ia berangkat sekolah. Selain itu, akan lebih baik jika bunda sudah mempersiapkan anak malam hari sebelumnya.

  1. Menyiapkan Tas dan Seragamnya

Setelah anak selesai mandi dan sarapan pagi, maka segerakan anak supaya menggunakan seragam dan menyiapkan segala perlengkapannya supaya tidak terburu-buru. Baik itu buku tulis, baju ganti, makanan untuk bekal, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya sudah ada di dalam tas anak supaya tidak ketinggalan.

Itulah tips menyiapkan anak menghadapi hari pertama sekolah, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *