Tips Agar Ibadah Dan Puasa Lancar Selama Mudik Lebaran

Sebentar lagi umat islam di Indonesia dan seluruh dunia akan memasuki bulan ramadhan dan dilanjutkan dengan hari raya atau lebaran. Salah satu tradisi baik yang selalu dilakukan sebagian besar masyarakat adalah mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Oleh karena itu tidak heran jika lalu lintas pada beberapa hari terakhir menjelang lebaran sangat ramai dan padat. Pada masa-masa inilah jumlah penumpang yang mudik lebaran mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

Meskipun mudik namun perlu diingat bahwa anda masih menjalani puasa ramadhan. Apalagi hari-hari terahir ramadhan merupakan hari-hari dimana ibadah seorang muslim harus semakin meningkat. Lalu bagaimana dengan para pemudik yang justru harus berkutat dengan kemacetan karena mudik di beberapa hari terakhir ramadhan? Jika anda telah memiliki tiket mudik lebaran 2019 dan tinggal berangkat pada hari-H maka ada baiknya anda melakukan beberapa tips berikut agar puasa dan ibadah lainnya tetap berjalan lancar selama perjalanan.

Siapkan Makanan untuk Berbuka dan Sahur

Jika waktu tempuh menuju kampung halaman anda cukup lama dan memakan waktu hingga berhari-hari maka ada baiknya anda menyiapkan makanan untuk berbuka atau sahur karena bisa dipastikan anda akan berbuka dan sahur dalam perjalanan. Selain menyiapkan tiket mudik lebaran 2019 yang diperlukan ketika anda akan menaiki kendaraan sebaiknya anda membawa cadangan air minum atau makanan kering sebagai antisipasi jika kesulitan mendapatkan makanan atau minuman untuk sahur atau berbuka dalam perjalanan.

Manfaatkan Tempat Sholat yang Tersedia

Meskipun dalam perjalanan namun ibadah harus tetap dijalankan. Bahkan agama islam memberi banyak kemudahan tergantung situasi yang anda hadapi. Jika kendaraan anda berhenti pada waktu sholat dan tersedia tempat sholat maka ada baiknya anda sholat di tempat tersebut. Jika ternyata perjalanan anda panjang dan non-stop berjam-jam seperti pada kereta api sehingga melewati beberapa waktu sholat, anda dapat sholat sambil duduk di atas bangku kereta.

Bertayamum Jika Tidak ada atau Sulit Mendapatkan Air

Selama perjalanan terkadang tidak selalu tersedia air dalam jumlah cukup sehingga sulit untuk berwudhu. Jika keadaan darurat dan anda tidak memiliki akses air yang cukup maka tayamum menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat memanfaatkan debu yang bersih seperti debu di jendela untuk bertayamum.

Bawa Al-qur’an Kecil Untuk Dibaca dalam Perjalanan

Dan tak lupa pula selalu bawa Al-qur’an kecil untuk menemani selama perjalanan sehingga dapat dibaca ketika anda dalam perjalanan. Ini dapat menjadi kegiatan positif dan bermanfaat bagi anda untuk mengisi waktu selama perjalanan. Jika tidak sempat atau lupa membawa Al-qur’an maka anda bisa memanfaatkan aplikasi Al-qur’an digital di smartphone. Dengan tiket mudik lebaran 2019 yang dimiliki anda bisa mudik sambil tetap beribadah.

Perbanyak Berbuat Baik dan Menolong Orang Lain

Tips lain yang tidak kalah bermanfaat adalah dengan memperbanyak berbuat baik dan menolong orang lain selama perjalanan mudik. Pasti ada banyak sekali perbuatan baik yang bisa anda lakukan untuk menolong orang-orang di sekitar mulai dari menolong membawakan tas, membantu anak kecil yang terpisah dari orangtuanya, menawarkan makanan berbuka pada teman di sebelah, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar puasa dan ibadah lainnya tetap lancar selama ramadhan meskipun anda dalam perjalanan. Tidak ada kesulitan jika anda meniatkan sesuatu untuk ibadah dan berbuat baik. Tiket mudik lebaran 2019 yang anda miliki bermanfaat tidak hanya bagi diri anda pribadi namun juga orang-orang di sekitar anda. Buktinya anda sampai di kampung halaman dengan selamat dan banyak orang yang merasakan manfaat dari kebaikan-kebaikan yang anda lakukan selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *