Cara Melihat Tagihan Listrik  Dengan Praktis

Kalau dulu untuk mengetahui tagihan listrik dan membayar saja anda harus langsung pergi ke PLN, namun sekarang dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sehingga untuk mencari tahu serta membayar tagihan listrik bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Berikut beberapa cara cek tagihan pln dengan praktis :

  1. Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

Selain dengan cara mengecek lewat telepon, anda juga bisa cek tagihan listrik dengan menggunakan SMS. Dalam hal ini, ada 2 pilihan yang bisa anda gunakan untuk cara ini. Pertama, cek tagihan listrik pada kurun waktu 1 bulan. Dan yang kedua, cek tagihan listrik secara Continue. Artinya, anda akan berlangganan untuk mendapatkan layanan seputar tagihan listrik setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini :

– Cara cek tagihan listrik per bulan : Kirim SMS dengan format REG (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123. Contohnya, REK 7550527194 kirim ke 8123.

– Cara cek tagihan listrik berlangganan : Kirim sms dengan format PLN (Spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim 8123. Contohnya : PLN ON 577268333761 kirim ke 8123.

– Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik : Selain bisa mendaftar, anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (Spasi) OFF (Spasi) 12 digit ID pelanggan, lalu kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 577268333761 kirim ke 8123.

Sebagai catatan, untuk bisa menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan tarif biaya sebesar Rp. 500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

  1. Cek Tagihan Listrik PLN via Website

Mungkin anda merasa was-was tentang berapa biaya tagihan listrik bulan ini? Apakah biayanya akan semakin membesar, menurun, atau sama dengan bulan yang kemarin. Dalam hal ini, anda bisa mengecek tagihan listrik PLN visa website. Karena website untuk mengecek tagihan listrik ini telah terintegrasi dengan data yang ada di PLN. Adapun salah satu website untuk cek tagihan listrik PLN ini adalah www.cekbill.com. Dengan menggunakan situs ini anda bisa mengecek beberapa informasi seputar listrik PLN, salah satu fiturnya adalah untuk cek tagihan listrik PLN. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

– Pertama, pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman.

– Lalu masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang telah disediakan.

– Kemudian masukkan kode captcha untuk melakukan verivikasi.

– Lalu klik Ceka Tagihan.

– Setelah itu tagihan listrik anda akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum).

  1. Cara Cek Tagihan Listrik PLN via iOS

Cara berikutnya untuk mengecek tagihan listrik PLN adalah dengan menggunakan ponsel yang berbasis iOS. Khusus bagi anda yang menggunakan Apple, ada beberapa aplikasi pada App Store yang tersedia guna mengecek tagihan listrik. Contohnya, PLN Mobile, Info Ceka Tagihan Listrik PLN, dan Tagihan. Semua fitur tersebut bisa anda download secara Cuma-Cuma alias gratis di ponsel anda. PLN Mobile, merupakan salah satu aplikasi cek tagihan listrik PLN populer yang banyak digunakan oleh pengguna iOS. Selain untuk mengecek tagihan listrik, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk info status listrik, info progres permohonan, cek riwayat penggunaan kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, dan sebagai sarana pengaduan keluhan konsumen. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

– Pertama, pilih menu informasi pada tab menu.

– Lalu pilih informasi Tagihan dan Token Listrik.

– Kemudian masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran anda.

– Lalu klik cari

– Setelah itu aplikasi secara otomatis akan menampilkan status tagihan listrik anda beserta besaran nominalnya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *