Syarat Memasang Air PDAM

tagihan

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang paling kita butuhkan. Sumber daya vital yang tanpanya kita bisa tidak hidup. Air selain untuk memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh kita. juga sangat berguna untuk kebutuhan rumah tangga, perkebunan, pertanian dan industry. Sumeber air juga sangat bermacam-macam jika kamu mendatangi perbukitan yang mempunyai mata iar diatasnya coba deh perhatikan pasti ada pipa-pipa yang berfungsi utntuk mengallirkan air dari sumber mata air ke rumah warga ataupersawahan untuk kebutuhan rumah tangga, dan irigasi. ada juga sumber air dari tanah yaitu berbentuk sumur atau bisa disebut sumur bor, dulu biasanya sumur bor ditimba dari atas menngunakan talu, namun sekarang dengan majunya jaman air ditanah atau di sumur di pompa keatas mengunakan pompa listrik atau jetpump. Namun kekurangan dari kedua sumber air tersebut adalah saat kemarau biasanya pasokan airnya menipis. Sumber air di kawasan perkotaan atau di kawasan padat penduduk biasanya memakai sumber air PDAM dengan membayar tagihan tiap bulannya kita bisa mendapatkan air jernih yang tidak mengenal musin selalu mengalir tanpa berkurang. Semua warga dan masyarakat sekarang bisa menikmati air dari PDAM dan berlangganan setiap bulannya. Ada beberapa syarat untuk memasang air PDAM .Persayaratan yang dimintai biasanya adalah.

  1. KTP
  2. Kartu keluarga (KK)
  3. Kartu tanah ( jika tersedia ) surat keterangan RT, RE dan kelurahan mengenai tanah warga pemohon.
  4. Fotocopi rekening PDAM tetangga yang bersebelahan di kanan dan di kiri
  5. Foto copy rekening listrik

Jika semua persyaratan sudah dipenbuhi, biasanya calon pelanggan dipesrilahkan untuk mendaftar ke loket pelayanan pelanggan ( loket pasang baru ) yang tersedia di kantor PDAM di sekitar kawasan anda. Lalu isi formulir yang telah disediakan di kantor PDAM tersebut. Setelah tu formulir dan berkas yang dibawa dari rumah bisa diserahkan ke loket pasang baru , jangam lupa menulis nomor telepon yang bisa dihbungi ya. Usai semua pendaftaran selesai calon pelanggan bisa menunggu sampai ada notifikasi pemberitahuan dari PDAM .Nantinya petugas PDAM akan mendatangi rumah calon pelanggan dan melakukan survey secara keseluruhan. apabila rumaha pelanggan sudah terlewatio pipa dari PDAM maka permintaan dan pemasangan air PDAM sudah bisa di realisasikan.  Jika calon pelanggan belum terlewati pipa PDAM harus dipersilahkan menjaukan permohonana jaringan. jika suah melalui proses tersebut maka calon pelanggan akan menerima notifikasi dan SMS pemberitahuan atau persetujuan sekaligus diberi nomor pelanggan PDAM. Persayaratan dan pemasangan baru saluran Air PDAM tidak ribet ko jika syarat nya lengkap.

Untuk pemakaian dan pembayaran tiap bulannya jangan sampai telat ya, karena akan dikenai denda. Periksa meteran PDAM jangan sampai Tagihan air PDAM kita meledak. pastikan pemakaian air bersih ini bijak. beberapa penghematan seperti shower untuk mandi yang bisa sangat menghemat air ketimbang  mandi menggunakan gayung dan bak mandi. Berbagai metode pembayaran yang bisa kamu lakukan di PDAM adalah dengan cara pembayaran secara langsung dengan mendatangi kantornya, mendatangi loket pembayaran dan mengantri. atau bisa dengan melakukan pembayaran secara online lewat situs resmi PDAM di kawasan anda. Atau pembayaran yang lebih praktis lagi yaitu di phak ketiga seperti di ATM atau dimini market maupun di blibli.com lewat smartphone anda yang bisa sekalian membayar tagihan lainnya seperti listrik, asuransi dan internet. cara terakhir lebih mudah kan 😊]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *