5 Permainan Yang Baik Untuk Perkembangan Anak

Dummy

Bunda, apakah si kecil setiap hari menghabiskan waktunya untuk bermain game atau smartphone saja? mungkin bunda harus mulai selektif untuk memilihkan permainan yang baik untuk si buah hati. Ingat kan bunda, bahwa permainan itu sangat penting untuk perkembangan di anak. Entah itu perkembangan otaknya, keseimbanganya maupun sosial nya. Jadi kita sebagai orang tua harus bijak dalam memilihkan permainan yang tepat untuk anak.

Nah, di luar sana sudah ada banyak permainan untuk si anak. Tapi untuk memilih yang baik bukan persoalan mudah. kalau memilih permainan modern, tentu akan menciptakan sifat individual bagi si anak. Sementara kalau memilih permainan tradisional, kita sebagai bunda biasanya kuatir dengan sisi keamanannya. Lalu mana yang terbaik?

Permainan Untuk Anak

Ada beberapa jenis permainan yang cocok untuk si buah hati. Permainan yang cocok adalah permainan yang bisa mengakomodasi beberapa hal. Terutama perkembangan si anak. Mulai dari perkembangan psikomotorik, sosial maupun perkembangan otaknya. Lalu apa saja permainan yang cocok untuk anak?

  1. Tebak emosi

Tahukan bunda dengan permainan tebak emosi? Permainan ini dilakukan dengan cara menuliskan jenis-jenis emosi seperti ‘gembira’, ‘sedih’, ‘marah’, bingung, dan lain sebagainya dalam sebuah kertas. Lalu kertas tersebut di lipat dan masukkan kedalam sebuah wadah tertentu. selanjutnya, mintalah anak untuk mengambil salah satu kertas tersebut. Setelah diambil, buka emosi apa yang tertulis pada kertas yang diambil anak. Jangan dibaca, tapi ekpresikan apa yang tertulis pada kertas dengan mimik wajah, atau sebuah gambar yang menjelaskan emosi apa yang tertulis pada kertas yang dipilih anak. Permainan jenis ini akan membuat anak menyadari sebuah emosi. Jadi bagus untuk melatih kesadaran anak.

  1. Permainan topik ABC

Masih ingatkah bunda dengan permainan ABC? Ya permainan ini dimainkan dnegan cara menyebutkan abjad alfabet, lalu anak harus menebak sesuatu dengan yang memilikii nama berawalan abjad alfanet yang bunda sebutkan. Misalnya saja A, maka anak akan menebak Apel, lalu B anak bisa menebak bengkoang dan seterusnya. Permainan semacam ini akan melatih anak jadi fokus dan memperhatikan apa yang kita bicarakan.

  1. Membaca cepat

Permainan ini cukup populer di kalangan orang dewasa untuk melatih konsentrasinya. Anda juga bisa memainkan permainan ini untuk anak-anak. Yaitu permainan membaca cepat. Carilah sebuah cerita, lalu pilih sebuah kata tertentu. dimana jika anda membacakan kata itu, anak harus melakukan sesuatu. Misalnya berdiri atau duduk. Permainan ini akan melatih anak berkonsentrasi sekaligus gembira.

  1. Tangkap-tangkapan

Lembar sebuah bola meyang ke atas, suruh anak menangkapnya. Tapi sebelum menangkap anak harus melakukan sesuatu terlebih dahulu sebagai tantangan. Misalnya anak harus memegang hidung terlebih dahulu, atau bisa juga memengan telapak kaki terlebih dahulu. Apa saja yang penting membuat permainan semakin lama semakin sulit dan menarik.

  1. Outbound

Permainan lainya yang patut dicoba oleh anak dan sangat bermanfaat adalah outbound atau bermain bersama dengan alam. Disini anak akan belajar bagaimana bersosialisasi dengan teman, mengenal dunia alam dan terkadang menciptakan banyak hal baru. Tak masalah bila nanti anak akan kotor. Toh kita bisa membersihkanya. Kita bisa gunakan DoReMi Thomas & Friends yang terdiri dari sampo, sabun mandi dan juga parfum. Ketiganya sangat disukai anak. Apalagi ketiganya mengandung wangi buah-buahan segar yang disukai anak dengan Karakter Thomas & Friends terbaik yang diidolkan Si Kecil.

Mempersiapkan si Kecil dengan berbagai petualangan serunya, adalah bekalnya menjadi anak hebat. Menemukan berbagai hal yang baru, tanpa takut kotor dan bau tentu adalah salah satu solusi yang tepat. Dengan hadirnya shampoo DoReMi Thomas & Friends tentu adalah jalan keluar terbaik untuk menjadikan anak lebih bersemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *