Alasan Mengapa Susu Pertumbuhan Anak 1-3 Tahun Penting Bagi Anak

Sebagai bunda yang baik, kita pasti tahu bahwa makanan terbaik untuk buah hati adalah ASI. Manfaat dari kandungan yang ada di dalamnya tidak bisa disamakan dengan jenis makanan dan minuman apapun, termasuk susu formula sekalipun yang harganya ratusan ribu atau bahkan jutaan, apalagi yang hanya puluhan ribu saja.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia pun menyatakan bahwa makanan terbaik untuk bayi adalah ASI dan memerikan rekomendasikan untuk pemberian ASI secara ekslusif hingga usia 6 bulan. Nah setelah 6 bulan, bayi juga sebaiknya diberikan ASI selama mungkin dengan dilengkapi makanan lain yang baik untuk bayi. Sementara untuk susu pertumbuhan, sebaiknya hanya sebagai pelengkap saja. Itupun dengan hanya diberikan kapada anak si atas usia 1 tahun, bukan diberikan kepada bayi.

Mengapa Anak Di Atas Satu Tahun Butuh Susu Pertumbuhan?

Sebagian bunda mungkin bertanya, mengapa anak usia di atas satu tahun hingga tiga tahun membutuhkan tambahan susu pertumbuhan, bukan dengan ASI saja? Tentu tidak mungkin ada anjuran bila tidak ada alasan yang melatar belakanginya. Berikut sejumlah alasan mengapa sebaiknya anak diberikan susu pertumbuhan anak 1-3 tahun.

  1. Anak sedang dalam masa pertumbuhan yang cepat

Faktanya banyak penelitian yang menyebutkan bahwa ana usia satu hingga tiga tahun sedang dalam masa periode emas. Biasanya dalam bahasa ilmiah disebut sebagai “windows of opportunity”. Pada periode ini, ada sedang mengalami masa pertumbuhan yang sangat cepat, lebih cepat dari periode sebelumnya, sayangnya pada periode ini masuk dalam kategori periode irreversible (tak berulang).

Penelitia menyebutkan bahwa pada masa pertumbuhan di atas satu tahun, anak sedang dalam masa perkembangan sel sarat yang mencapai hingga 80 persen dari keseluruhan volume sel otak saat dewasa. Itu artinya bunda harus memaksimalkan seluruh potensi perkembangan anak, terutama pertumbuhan untuk kecerdasanya.

Selain itu, ada bagian lain yang juga sedang berkembang pesat, yaitu sinaps. Yaitu bagian yang memiliki fungsi sebagai pengirim sinyal kepada otak. Sinaps sedang mengalami perkembangan hingga dua kali lipat. Semua ini terjadi pada usia 1-3 tahun. Penelitian seperti ini disebutkan dalam Baby’s Brain Begins Now: Conception to Age 3, tahun 2016.

Karena semua potensi emas ini hanya terjadi pada usia anak 1 hingga 3 tahun, maka tidak ada salahnya bila bunda berikan susu pertumbuhan anak 1-3 tahun. Dengan begini, bunda bisa memastikan bahwa nutrisi si anak bisa terpenuhi dengan baik.

  1. Jika nutrisi tidak terpenuhi, anak akan mengalami perlambatan pertumbuhan

Resiko yang bisa saja dialami bila anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup ketika sedang dalam masa pertumbuhan, khususnya pada usia 1 – 3 tahun, maka akan ada resiko keterlambatan pertumbuhan. Perlambatan pertumbuhan ini sulit diperbaiki di usia selanjutnya. Hal ini diungkapkan oleh ahli gizi dari Departemen Gizi, Universitas Airlangga Qonita Rachmah, SGz, MS.

Disinilah susu pertumbuhan memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf. Terutama bila susu pertumbuhan memiliki kandungan, DNA, minyak ikan, omega-6 dan omega-3. Semua itu memiliki fungsi untuk memaksimalkan perkembangan saraf. Perlu bunda ketahui, DHA, omega-3, dan omega-6 itu tidak lain adalah asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, ia harus dipenuhi dari makanan atau minuman.

Dengan begini, maka tidak ada salahnya bila bunda memenuhi kebutuhan nutrisi anak saat sedang dalam perkembangan yang sangat pesat. khususnya pada usia 1 hingga 3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *