4 Bahaya Yang Bisa Ditimbulkan Untuk Kesehatan Jika Anda Suka Merokok

Viral Video Penumpang Citilink Diturunkan karena Ngeyel Merokok di Dekat Pesawat

Merokok dapat membahayakan kesehatan baik untuk yang menghisapnya atau juga orang lain yang menghisap asapnya atau perokok pasif. Sebenarnya para perokok ini tahu tidak ya jika hobinya itu selain dapat membahayakan kesehatan dirinya, tetapi juga akan mengancam kesehatan orang yang ada di sekitarnya jika ikut menghisap asap rokoknya.

Para perokok ini pastinya tahu jika hobinya itu dapat merugikan dirinya dan juga orang lain, tetapi tidak bisa menghentikannya karena rokok ini sifatnya menyebabkan ketagihan seseorang yang menghisapnya. Bahaya rokok terhadap kesehatan terjadi karena diantara 4000 komponen kimia didalam rokok ada 250 komponennya yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Berikut 4 bahaya yang bisa ditimbulkan untuk kesehatan jika anda suka merokok diantaranya yaitu :

 

  • Menyebabkan Penyakit Jantung

 

Kandungan karbon monoksida pada asap rokok yang dihisap dan masuk ke aliran darah inilah yang akan menyebabkan serangan dan penyakit jantung. Ketika anda menghisap rokok maka jumlah oksigen yang dibawa kedalam sel darah merah itu akan berkurang jumlahnya karena adanya karbon monoksida itu. Namun disini jumlah kolesterol yang diserap ke dalam lapisan artreri akan meningkat jumlahnya sehingga menyebabkan arteri itu akan mengeras nantinya.

 

  • Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

 

Menurut berita terbaru, zat kimia berbahaya dan sangat adiktif didalam rokok yaitu nikotin dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah menjadi tinggi. Selain itu juga akan meningkatkan denyut jantung dan aliran darah ke jantung. Namun nikotin ini akan menyempitkan pembuluh darah. Zat adiktif ini juga akan menyebabkan pengerasan pada dinding arteri sehingga akhirnya akan menyebabkan serangan jantung. Dalam waktu enam sampai delapan jam tubuh anda akan ditinggali oleh zat adiktif itu tergantung seberapa sering anda merokok.  

 

  • Menyebabkan Diabetes

 

Merokok ini dapat menyebabkan kadar gula darah akan sulit untuk terkontrol dan juga menyebabkan diabetes mellitus tipe 2. Para perokok ini memiliki resiko yang tinggi untuk terkena diabetes ini daripada seseorang yang tidak merokok. Kecenderungan tingkat resiko para perokok untuk terkena diabetes itu sekitar 30 sampai 40 %.

 

  • Menyebabkan Kanker

 

Kandungan zat arsenik didalam rokok itu dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kanker. Karena arsenik itu merupakan zat yang biasanya digunakan untuk mengawetkan kayu.

Itulah 4 bahaya yang bisa ditimbulkan untuk kesehatan jika anda suka merokok. Selain dapat menyebabkan penyakit jantung karena kandungan karbon monoksidanya. Tetapi juga nikotin dalam rokok itu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi. Para perokok juga memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena diabetes dan juga mungkin akan terkena berbagai penyakit kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *