Inilah 3 Cara Yang Efektif Untuk Mengatasi Masalah Sesak Nafas

Hasil gambar untuk idntimes.com sesak nafas

Sesak nafas merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada organ pernafasannya. Adapun mengenai beberapa penyebab dari timbulnya sesak nafas ini seperti karena aktifitas olahraga yang berlebihan, jarang memakai pakaian tebal saat berkendara motor, berada di dataran tingi, polusi, dan sebagainya. Selain itu, penyebab sesak nafas juga bisa jadi karena faktor penyakit tertentu seperti sinusitis, obesitas, paru-paru basah, asma, pilek, hingga penyakit jantung. Biasanya para penderita sesak nafas ini akan mengobatinya dengan obat-obatan tertentu, atau menggunakan alat bantu pernafasan. Padahal, masih ada cara lain lagi yang tidak kalah efektifnya dalam mengatasi masalah sesak nafas. Dilansir dari berita tebaru hari ini, ada 3 cara yang efektif untuk mengatasi masalah sesak nafas tanpa obat-obatan. Nah, biar lebih jelasnya lagi, simaklah ulasan di bawah ini :

  1. Melatih Pernafasan

Cara pertama yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah sesak nafas, yakni dengan melatih pernafasan. Mengenai cara melatihnya, posisikan tubuh anda dalam posisi berbaring di atas matras. Selanjutnya letakan bantal anda di belakang kepala, kemudian tekuk kedua lutut agar perutnya mendapat tekanan. Tekan perutnya secara perlahan dengan tangan kanan ataupun kiri, kemudian tarik nafas saat tangan sudah melepaskan tekanan perutnya. Saat anda menghembuskan nafas, silahkan tekan lagi perutnya dengan menggunakan tangan.

  1. Meditasi

Cara kedua yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah sesak nafas, yakni dengan cara meditasi. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk melakukan meditasi di ruangan terbuka atau di depan teras rumah. Selain itu, anda juga harus melakukan meditasi di pagi hari agar mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.

  1. Meminum Ramuan Jahe

Cara ketiga yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah sesak nafas, yakni dengan meminum ramuan jahe. Mengenai cara membuat ramuannya, siapkan tiga cm jahe kemudian bakar hingga tercium aroma wangi. Selanjutnya tumbuk kasar, lalu masukan kedalam gelas dan seduh dengan air panas. Biarkan hingga airnya menghangat, dan minumlah air jahe tersebut selagi masih hangat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, minumlah ramuan ini sebanyak 2 gelas dalam sehari.

Itulah 3 cara yang efektif untuk mengatasi masalah sesak nafas tanpa obat-obatan. Akhir kata cukup sekian, dan selamat mencobanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *