Ini Dia Point Penting Perkembangan Pada Bayi Usia 2 Bulan

Pada setiap fase, bayi harus mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan tertentu. Misalnya saat memasuki bulan kedua dalam kehidupan, orangtua perlu meneliti bagaimana perkembangan bayi usia 2 bulan dan capaiannya. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena deteksi tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa bayi tidak mengalami keabnormalan yang membuatnya memerlukan penganganan khusus. Berikut adalah poin – poin penting perkembangan yang harus Anda catat.

  • Hilangnya Refleks Baru lahir

Gerakan – gerakan tertentu dan bentuk tangisan akan berubah. Anda perlu mengidentifikasi perkembangan bayi usia 2 bulan ini dengan benar bagaimana sebuah tangisan yang dulu sangat khas bayi baru lahir kini mulai menghilang. Tangisan lain akan muncul dan menimbulkan sensasi berbeda. Rata – rata bayi mengalami fase ini pada usia 5 pekan.

  • Mulai Mengenali Jarinya

Mulai menginjak usia 5 pekan, bayi akan mulai mengenali anggota tubuhnya. Dimulai dari jari tangan, ia akan melakukan eksplorasi fase oral dengan menghisap jari tangan. Jari tangan yang biasa dimainkannya dalam rahim akan membuat bayi lebih tenang. Ia pun mulai melihat dan bermain dengan jari tangannya. Lalu, saat sudah mulai bisa menggerakkan kaki, bayi juga akan mengeksplorasi jari kakinya. Jadi, sebaiknya jangan memaksakan untuk bayi memakai sarung tangan karena bisa menghambat fase itu.

  • Indera Penglihatan Mulai Tertarik Stimulus Visual

Dengan kesempurnaan organ penglihatan yang semakin baik, maka bayi sudah bisa mulai menghubungkan repon  yang diterima dari mata menuju ke otak. Jadi, mereka bisa mulai tertarik pada objek tiga dimensi, cahaya, benda bergerak, serta gerakan yang dibuat oleh orang lain, misalnya ibu. Dengan perkembangan tersebut maka tidak heran jika ia semakin ingin diperhatikan dan ngambek jika dibiarkan.

  • Semakin Kuat dan Responsif

Perkembangan bayi usia 2 bulan akan membuat orangtuanya merasa semakin gemas. Bagaimana tidak, bayi akan mulai menggerakkan tangan membuka dan menutup. Dengan pertumbuhan tulang dan sendi pada leher yang semakin kuat, maka ia akan dapat menopang tubuhnya secara lebih optimal. Bayi juga makin berusaha untuk bergerak miring dan tengkurap saat bosan. Yang lebih unik lagi, ia akan mencari perhatian dengan gerakan unik yang menggemaskan.

Itulah perkembangan bayi yang harus Anda ketahui sebagai orang tua ataupun calon orang tua. Dengan memiliki pengetahuan tersebut, tentu kita menjadi tahu mengenai perkembangan anak kita nantinya bukan? Tentunya hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurus bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *