Gunakan 7 Tips Teknologi Berikut Untuk Mengatasi Ponsel Lemot


Smartphone Android bekerja sangat cepat saat baru pertama kali dibeli. Kemudian seiring berjalanya waktu kinerjanya mulai berjalan lebih lambat. Ini adalah masalah yang umum dan tidak perlu dikhawatirkan. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan kinerja smartphone android yang dimuat dalam berita teknologi terbaru.

  1. Identifikasi Masalahnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah smartphone anda berjalan lambat, bisa dari aplikasi, atau sistem itu sendiri. Anda bisa gunakan  Trepn Profiler buatan Qualcomm yang akan menunjukkan kepada Anda beban CPU secara real-time, ikhtisar lalu lintas jaringan untuk data dan Wi-Fi, penggunaan GPU dan penggunaan RAM dan banyak lagi.

Trepn juga dapat menghasilkan profil spesifik aplikasi atau sistem dan berisi berbagai metode untuk menampilkan data akumulasi. Anda dapat menyimpan data yang diprofilkan untuk dilihat dan dianalisis secara offline.

  1. Buat Ruang Memori Lebih banyak

Ponsel pada dasarnya membutuhkan ruang penyimpanan. Jangan pernah penuhi ruang penyimpanan anda jika tidak ingin membuat ponsel anda bekerja lambat. Ponsel berjalan lancar dan jika kehabisan ruang, bisa membuatnya mulai melambat.

Anda dapat memeriksa seberapa banyak ruang yang Anda sisakan di memori dengan melihat pengaturan Storage (penyimpanan). Salah satu cara termudah untuk membebaskan ruang adalah dengan mengetuk ‘Applications’ dan melihat aplikasi mana yang dapat Anda buang.

  1. Hilangkan Saja Widget

Semua widget yang Anda jalankan di layar utama Anda mungkin berguna, namun mereka juga mengambil bagian yang adil sebagai sumber melambatnya ponsel anda. Jika Anda memiliki widget yang tidak Anda perlukan, pertimbangkan untuk menonaktifkannya saja. Tidak ada salahnya memiliki beberapa saja yang aktif.

  1. Nonaktifkan animasi dan ekstra yang tidak diperlu

Bergantung pada peluncur apa yang Anda gunakan, Anda mungkin menemukan ada berbagai animasi dan efek khusus. Ini mungkin terlihat bagus, tapi bisa juga menjadi penyebab memperlambat ponsel anda. Periksa di setelan peluncur Anda untuk melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan tambahan yang tidak perlkan, dan Anda bisa membuang yang tidak anda perlukan.

  1. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM

Beberapa aplikasi yang telah anda buka, sebenarnya tidak benar-benar telah anda tutup ketika anda menekan tombol back. Jadi anda harus menutupnya dengan menekan tombol multitasking. Baru setelah itu menutupnya. Anda juga bisa membebaskan RAM dengan mematikan beberapa aplikasi yang tidak anda perlukan. Anda bisa membuka pengaturan, lalu pilih aplikasi dan paksa berhenti.

  1. Restart Ponsel anda

Perbaikan cepat dan sederhana untuk ponsel yang lambat adalah dengan hanya me-restartnya. Ini bisa membersihkan cache, menghentikan tugas yang tidak perlu agar tidak berjalan, dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan lancar. Cukup tahan tombol power, pilih opsi Restart, lalu tekan OK untuk konfirmasi.

Terkadang, sesuatu yang sederhana seperti restart adalah solusi yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan.

  1. cari tahu Penyebabnya lebih dalam

Anda juga dapat memantau aplikasi yang menggunakan banyak baterai dengan membuka Pengaturan> Baterai. Anda juga dapat memantau penggunaan RAM di Settings> Apps (atau App Manager, tergantung pada merek ponsel Anda) dan ada lebih banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Opsi Pengembang – jika Anda belum mengaktifkan setelan ini, buka Setelan> Tentang Telepon dan ketuk Build Number tujuh kali sampai muncul pemberitahuan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kinerja smartphone anda yang bisa dimuat dalam berita teknologi terbaru. Semoga bisa menyelesaikan masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *