Perkembangan Bayi 7 Bulan Pada Syaraf Motorik dan Sensorik


Buah hati anda sudah memasuki perkembangan bayi 7 bulan? Tentu saja usia ini memiliki ciri-ciri berbeda dengan usia sebelumnya. Apalagi kalau kondisinya normal, sebab memiliki bayi yang normal seperti bayi pada umumnya merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi orang tua. Orang tua juga akan menaikkan level menjadi ‘suatu kebanggaan’ jika bayi yang mereka sayangi dapat berkembang lebih pesat. Walaupun pasti ada rasa khawatir yang membayangi karena takut akan terjadi apa – apa mengingat gerakan bayi yang mulai terlihat banyak.

Diperlukan perhatian yang khusus agar bayi dapat tumbuh dengan baik. Pertumbuhan motorik dan sensorik dari bayi juga harus selalu dipantau oleh orang tua. Berikut beberapa hal yang bisa anda temui saat usia bayi anda 7 bulan.

Pertumbuhan Motorik

  • Bergerak

Lihat apakah bayi Anda sudah dapat melakukan hal – hal dasar yang harusnya sudah bisa dilakukan oleh bayi pada umumnya. Berguling, bergeser, dan merangkak adalah hal dasar tersebut. Bayi biasanya akan penasaran dengan apa yang dia lakukan jadi berusahalah untuk membuatnya penasaran agar bayi Anda juga berusaha untuk melakukan hal yang lebih. Memanggil, memberi mainan, atau menyuruhnya untuk mendekat kepada Anda mungkin bisa menjadi alternatif termudahnya.

  • Duduk

Setelah gerakan dasar tentunya masih banyak hal yang harus dilakukan bayi Anda salah satunya adalah duduk. Bertambahnya usia pasti membuat bayi Anda memiliki keseimbangan yang lebih dan kekuatan tulang belakang sehingga akan mudah untuknya duduk.

  • Memegang benda

Semakin lama kekuatan bayi akan semakin bertambah sehingga wajar saja apabila bayi Anda sudah bisa memegang benda atau mainan yang berat dan keras,

  • Menggerakan Benda

Setelah bisa menggerakkan dirinya sendiri bayi Anda semakin penasaran dan pasti akan mencoba hal – hal baru seperti menggerakan benda yang ada di depannya. Di sini lah peran orang tua sangat membantu karena tanpa bimbingan dari Anda tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal buruk yang pastinya tidak diinginkan.

Pertumbuhan Sensorik

  1. Yang paling utama adalah bayi Anda sudah dapat mendengar apa saja yang Anda katakan walaupun pemahamanny masih belum sempurna. Namun, sedikit – sedikit dia tahu apa yang Anda bicarakan atau katakan kepadanya. Bayi akan lebih suka jika mencari tahu apa yang membuat penasaran dirinya seperti suara – suara asing dan tanpa disuruh saja dia akan mencari tahu dari mana asal datangnya suara tersebut. Anda harus lebih teliti apakah bayi Anda termasuk ke dalam autis atau indigo atau tidak keduanya.
  2. Usia 7 bulan adalah usia yang masih sangat muda tapi bayi sudah mengenal beberapa jenis warna dan bentuk – bentuk benda. Jadi, peran Anda adalah teliti terhadap mata sang bayi apakah sehat atau perlu perawatan khusus.
  3. Setelah mendengar apa yang Anda katakan bayi akan mencoba untuk membuat respon. Maka, jadilah orang tua yang komunikatif dengan bauh hati Anda dengan selalu mengajaknya bicara.
  4. Semakin bertambah usianya bayi Anda akan menambah kemampuannya seperti mencoba berbicara atau meniru ucapan – ucapan yang ditujukan kepadanya. Peran Anda adalah menjauhkannya dari ucapan yang tidak patut ditirunya.
  5. Tahap ini adalah tahap yang paling spesial karena setelah semua indranya berfungsi dengan benar maka daya ingatnya juga bertambah kuat. Bayi Anda akan dengan mudah mengingat orang asing yang pernah mengajaknya berinteraksi sebelumnya.

Jaga buah hati Anda karena berawal dari Anda dan hanya Anda yang dapat membantu perkembangannya. Sabar dalam menghadapi tingkah lakunya adalah kunci utama bila sedang berhadapan dengan perkembangan bayi 7 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *