5 Tempat Wisata Taiwan Yang Mempesona


Bagi anda pecinta arsitektur bangunan modern ataupun bangunan bersejarah, cobalah untuk menjelajah ke kawasan Asia. Salah satu negara yang bisa anda kunjungi adalah Taiwan, atau yang kini resmi dikenal dengan sebutan Republik Tiongkok. Disini, Anda akan menemukan beragam bangunan menakjubkan, mulai dari gedung pencakar langit yang modern, kuil berumur ratusan tahun, bahkan museum antik yang bisa menambah wawasan sekaligus mempercantik postingan sosial media anda. Tertarik? Kosongkan jadwal anda dan lakukan booking tiket pesawat menuju Taiwan, dan nikmati pesona dari sebuah kota yang kaya akan sejarah.

  • Menara Taipei 101

Mengunjungi Taiwan, tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke Menara Taipei 101 yang terletak di distrik Xinyi. Kalau Dubai memiliki gedung paling tinggi di dunia yang bernama Burj Khalifa, maka Taiwan memiliki gedung dengan 101 tingkat atau yang dikenal dengan Taipei 101. Gedung ini memiliki nama resmi Gedung Finansial Internasional Taipei. Gedung yang terbilang baru ini memiliki beragam fasilitas canggih, diantaranya memiliki fiber optik berupa internet satelit dengan kecepatannya mencapai 1 GB per detik. Di dalam gedung, tersedia dua lift paling cepat di dunia yang dirancang oleh Toshiba dan bisa mencapai kecepatan maksimal 63 kilometer/jam. Menara ini pun dirancang sedemikian rupa sehingga aman terhadap segala goncangan, baik karena angin topan atau gempa bumi, karena bangunan menara ini telah distabilkan oleh sebuah pendulum seberat 800 ton yang terdapat di lantai 88.

Harga tiket:

  • Pengunjung dewasa dikenakan: NTD 500 atau sekitar Rp 204 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang tingginya di atas 115 sentimeter serta para pelajar dikenakan: NTD 450 atau sekitar Rp 183 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang tingginya di bawah 115 sentimeter tidak akan dikenakan biaya masuk.
  • Tiket Grup untuk yang beranggotakan 20 orang lebih dan sudah membuat reservasi dikenakan: NTD 450 atau sekitar Rp 183 ribu.
  • Priority Pass dikenakan NTD 1,000 atau sekitar Rp 408 ribu.
  • Bagian lantai pengamat dari Menara Taipei 101 ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 10 malam dan karena terbagi di 4 lantai lainnya, maka pemandangan yang indah bisa dinikmati oleh para pengunjung secara bergantian.
  • Kuil Xingtian

Kuil yang didirikan pada tahun 1968, terlihat begitu megah. Sebagai tempat sembahyang, ada satu ritual yang paling terkenal dari kuil ini, yaitu recalling frightened souls atau dikenal juga dengan istilah menghidupkan kembali jiwa-jiwa yang ketakutan. Dengan adanya ritual-ritual tersebut, memang membuat kuil ini terkesan magis dan mistik, terlebih adanya praktik taoisme yang dilakukan di kuil ini. Anda bisa mengunjungi kuil ini untuk mengetahui lebih dalam tentang taoisme, atau hanya ingin sekedar berkunjung, berdoa sambil melihat-lihat sekitar area kuil?  Sah-sah saja, yang pasti, apapun tujuan anda ketika menyambangi tempat ini, entah itu bersembahyang atau sekadar ingin wisata arsitektur, anda bisa masuk ke area kuil secara gratis.

  • Taipei Story House

Awalnya, rumah bersejarah dengan arsitektur bernuansa Eropa klasik ini dulunya dikenal dengan nama Yuanshan Mansion dan kini lebih dikenal sebagai sebuah bangunan museum. Rumah ini didirikan oleh seorang pedagang teh bernama Chen Chao-chun, pada tahun 1913-1914. Pembangunan rumah ini awalnya digunakan sebagai sebuah guest house bagi para saudagar kaya juga untuk orang-orang lokal yang berkedudukan penting. Sekarang, Taipei Story House, adalah rumah bagi pameran teh dan sejarah lokal Taiwan Lokasi museum ini cukup dekat dari Yuanshan Station dan berbatasan langsung dengan Taipei Fine Arts Museum.

  • Taipei Story House buka dari hari Selasa hingga Minggu pada jam 10 pagi sampai 6 petang, sedangkan untuk Taipei Story Teahouse buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Setiap hari Senin, museum ini akan tutup.
  • Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk seharga NTD 50 atau sekitar Rp 20 ribu.
  • Kuil Longshan

Kuil Longshan adalah kuil paling tua di Taiwan. Disini anda bisa berwisata sejarah ataupun berwisata religi. Setiap pengunjung kuil akan disediakan air minum oleh pengurus kuil dan jika ingin membeli souvenir, anda bisa membelinya di dekat gerbang masuk.

Dari segi interior, ruangan di dalam kuil ini memang tidak begitu luas, namun segala ornamen bangunannya begitu menarik dan pastinya bisa membuat Anda terkagum-kagum, hal itu tidaklah mengherankan, mengingat bangunan kuil ini usianya sudah mencapai ribuan tahun,

  • Kuil Longshan buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam, namun ketika Tahun Baru Imlek, jadwal operasional bisa berubah.
  • Setiap engunjung bisa berdoa dan menikmati keindahan kuil tanpa harus membayar sepeser pun.
  • Balai Peringatan Chiang Kai-Shek

Balai Peringatan Chiang Kai-Shek atau yang lebih dikenal sebagai Chiang Kai Shek Memorial Hall ini begitu luas, ditambah dengan pintu gerbang berukuran besar berwarna birunya menjadikan bangunan ini merupakan salah satu ikon di Taiwan. Monumen yang dibangun sebagai tempat peringatan atau memorial akan jasa-jasa presiden pertama Taiwan ini, memiliki pertunjukan yang istimewa,  di mana setiap harinya, ada proses pergantian tentara penjaga yang bisa ditonton langsung oleh para wisatawan.

  • Chiang Kai Shek Memorial Hall buka setiap hari pada umumnya, yaitu dari jam 9 pagi sampai jam 6 petang. Hanya saja pada perayaan Tahun Baru Imlek, jam operasional bisa berubah.
  • Pengunjung bisa berjalan-jalan di kompleks balai maupun di balai ini sendiri secara gratis.

Siapa bilang wisata ke luar negeri harus bayar mahal? Buktinya, dengan mengunjungi tempat-tempat diatas, anda bisa berwisata ke tempat-tempat keren (dan tentunya instagenic) secara gratis, plus punya banyak stok foto menarik untuk di unggah ke sosial media. Dan sebelum mulai menjelajahi semua tempat-tempat keren di Taiwan, anda bisa mencari dan melakukan booking hotel online murah yang banyak tersedia di Taiwan melalui situs www.reservasi.com. Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *