7 Cara Mudah Meningkatkan Performa Laptop

Bagi kamu yang ingin tahu cara meningkatkan performa laptop kamu, agar tidak nge hang ataupun lemot. Simaklah cara untuk meningkatkan performa laptop kamu, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, benar, rapih dan tepat.

  • Uninstall Program Yang Tidak Terpakai

Selain banyak memakan memory RAM pada laptop, kebanyakan program atau aplikasi juga dapat membuat tingkat performa laptop yang rendah, alias laptop suka nge hang dan sangat lemot. Untuk itu kamu bisa meng uninistall aplikasi yang tidak terpakai, dengan cara:

  1. Klik start, kemudian control panel lalu programs (uninstall a program).
  2. Pilih program yang akan di uninstall, klik kanan kemudian uninstall/change.
  • Menambah Kapasitas Memory RAM Dan Hardisk

Cara yang satu ini mungkin, harus mengeluarkan isi dompet kamu dengan biaya yang lumayan mahal. Karena hal ini merupakan cara yang paling mudah, namun cukup berat untuk dilakukan.

Yakni dengan menambah memory RAM dan Hardisk ini laptop kamu akan lebih tanggap dan cepat dalam melakukan pekerjaannya. Jangan lupa, percayakan hal tersebut pada service center yang resmi dan adanya jaminan berupa garansi dan sebagainya.

  • Memisahkan File System Dan Data Pribadi

Untuk meningkatkan kinerja laptop kamu, sebaiknya kamu pisahkan antara file system dan file pribadi kamu. Selain kamu dapat mencari file dengan mudah, hal ini juga dapat meminimalisir lemotnya menjalankan perintah pada laptop. Cara yang dilakukan yaitu, dengan memisahkan:

  1. Drive C untuk  file system
  2. Drive D untuk file pribadi kamu,  dan
  3. Drive E untuk file yang favorit bagi kamu.
  • Mengatur Program Yang Berjalan Pada Startup

Terlalu banyak program aplikasi yang di jalankan pada Startup juga dapat membuat laptop kamu jadi nge hang dan lemot. Oleh karenanya performa laptop pun menjadi turun. Untuk mengatasi hal tersebut lakukan langkah berikut:

  1. Tekan tombol windows+ R, kemudian ketik msconfig, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih startup.
  2. Setelah itu klik Open Task Manager kemudian Disable program-program yang jarang kamu gunakan.
  3. Alternatif kedua dengan menekan ctrl+alt+del, kemudian pilih Task Manager lalu Disable program yang tidak dipakai.
  • Scan Laptop Secara Rutin

Pilihlah antivirus yang baik dan tepat untuk laptop kamu, agar tidak rentan kemasukan virus seperti malware dan spyware, kemudian gunakan antivirus tersebut untuk meningkatkan performa atau kinerja laptop kamu, dengan melakukan scan secara berkala.

Jika laptop kamu sudah terkena virus, ini akan berakibat pada laptop serta file-file yang terdapat di dalamnya. Bisanya kinerja laptop menjadi sangat lemot dan lamban. Sehingga kamu harus melakukan install ulang windows pada laptop tersebut.

  • Minimalisir Efek Tampilan

Biasanya kamu sangat menyukai jika tampilan laptop kamu bagus dan menurut kamu lucu, misalnya dengan menampilkan screen saver, gadget dan lainnya. Hal ini ternyata membuat lambat kinerja laptop. Untuk itu kurangilah efek di laptop kamu sekarang juga.

  1. Pilih File Explore, kemudian klik My Computer lalu klik kanan dan pilih properties.
  2. Kemudian klik Advance system setting, lalu klik performance dan pilih Adjust for best performance/Custom.
  3. Terakhir klik OK.
  • Disk Cleanup Dan Disk Defragmenter Secara Berkala

Laptop kamu lambat? Mungkin terlalu banyak file yang sudah tidak penting, dan masih tersimpan dalam disk di dalam laptopmu, sehingga kerja laptopmu lambat. Cobalah hilangkan atau hapus file-file temporary secara berkala.

  1. Pilih sebuah file, kemudian Explore, setelah itu lokasi file yang akan di hapus. Misalnya pada Local Disk  C.
  2. Stelah itu, klik properties lalu pilih Disk Cleanup, tunggulah sampai proses clean selesai.
  3. Sedangkan untuk melakukan Disk Defragmenter yaitu: pilih file Explorer – pilih Drive, missalnya pada Local Disk E, kemudian klik properties lalu klik tool dan optimize.

Nah, itulah 7 cara meningkatkan performa laptop lengkap berbagai penjelasanya yang bisa kamu aplikasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *