6 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Pengguna Facebook

6 Hal Menyebalkan yang Sering Dilakukan Pengguna Facebook

Jakarta : Facebook sudah jadi jejaring sosial yang memiliki pengguna lebih dari 1 miliar di seluruh dunia. Berbagai aktivitas banyak dilakukan oleh sebagian besar pemilik akunnya di halaman Facebook miliknya.

Namun, tak semua aktivitas tersebut disukai oleh orang lain. Berikut ini merupakan aktivitas menyebalkan yang dilakukan banyak pengguna Facebook menggunakan akunnya, seperti yang Liputan6.com kutip dari News.com.au

1. Curhat
Ketika mendapat mendapat masalah salah satu hal yang mungkin melegakan adalah berbagi dan melepaskan curahan hati alias curhat. Namun, bila curhat dilakukan di ruang publik seperti halaman Facebook tentu kurang tepat. Kegiatan ini sebaiknya dihindari, selain membuat orang tak senang kegiatan curhat di Facebook membuat masalah kita terekspos ke tempat umum.

2. Mem-post Foto Makanan
Punya kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan dari berbagai tempat dengan tampilan dan rasa tentu menyenangkan. Mengambil foto sebelum menghabiskan hidangan kini banyak dilakukan orang dan membagikannya di halaman Facebooknya.

Sayangnya, bila terlalu sering berbagi foto makanan melalui akun Facebook ternyata dianggap sebagai salah satu aktivitas menyebalkan. Jadi, jangan terlalu agresif dalam berbagi foto makanan di Facebook bila tak ingin di block oleh teman Anda.

3. Check In ‘Foursquare’
Menyenangkan tentu ketika bisa menjadi mayor di aplikasi Foursquare karena bisa aktif mengunjungi berbagai tempat. Bahkan, ada banyak lokasi yang memberikan bonus khusus untuk orang yang melakukan check in di tempatnya menjadi tantangan bagi pengguna aplikasi tersebut.

Namun, tak sedikit orang yang melakukan sinkronisasi dengan akun Facebook-nya yang secara otomatis akan mengirimkan tiap aktivitas ‘kunjungannya’ ke laman Home di Facebook. Kegiatan ini dianggap menyebalkan karena memperlihatkan kita sebagai orang yang sombong atau pamer ketika mengunjungi berbagai tempat hiburan.

4. Mem-post Status Berbau SARA
SARA alias suku, adat, ras dan agama jadi isu yang selalu mudah menyulut emosi dan memicu perpecahan. Sebaiknya jangan melakukan posting berbau SARA ataupun kalimat provokatif. Ingat kasus Farhat Abbas dan Ahok, Wakil Gubernur DKI Jakarta, kan?

5. ‘Iklan’ Gratisan
Melakukan promosi bukanlah hal yang salah. Akan tetapi, bila promosi dilakukan melalui akun Facebook sebagai akibat memberikan “like” di fanpage milik sebuah brand tentunya bisa jadi hal yang mengganggu. Jadi, jangan terlalu mengumbar ‘like‘ Anda pada laman fanpage brand sebuah produk.

6. Posting Info Palsu alias Hoax
Membagikan aneka informasi di Facebook bisa jadi hal yang sangat bermanfaat. Tapi, jika setiap informasi dibagikan tanpa jelas validitasnya bisa bumerang. Misalnya saja berita “hoax” yang disebar padahal tak masuk akal, seperti Facebook akan ditutup jika kita tak melakukan hal yang disebutkan dalam post tersebut.

Aktivitas ini tak jauh berbeda dengan yang biasa disebar melalui aplikasi chat BlackBerry Messenger. Kalau berita yang disebarnya selalu valid mungkin bermanfaat, tapi kalau sering menyebar berita yang ternyata “hoax” tentunya sangat menggangu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *