Empat Gol Lewandowski Hancurkan Madrid

Selebrasi Robert Lewandowski usai mencetak gol keempatnya ke gawang Madrid. (Foto: Reuters)

Borussia Dortmund berhasil menutup leg pertama semifinal Liga Champions kontra Real Madrid dengan kemenangan di Signal Iduna Park, Kamis (25/4/2013) dini hari WIB. Madrid harus takluk atas Die Borussien lewat skor 4-1.

Pada laga kali ini, Dortmund seolah menegaskan bahwa kemenangan atas Madrid di fase grup bukan kebetulan belaka. Para pasukan Jurgen Klopp benar-benar membuat Madrid tak berdaya di hadapan para suporter klub asal Bundesliga ini.

Kemenangan Dortmund tak lain berkat performa gemilang Robert Lewandowski yang berhasil mencetak empat gol. Sementara itu, gol semata wayang dari kub El Real dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada paruh pertama.

Duel dua perwakilan Bundesliga dan La Liga di babak semifinal ini berhasil dimenangkan oleh Bundesliga pada leg pertama, setelah sebelumnya Bayern Munich menang 4-0 atas Barcelona, kemarin.

Terlepas dari itu, kubu El Real sendiri masih memiliki peluang lolos ke babak final pada leg kedua yang akan berlangsung di Santiago Bernabeu markas Madrid, Rabu (1/5/2013). Namun, Madrid setidaknya harus menang 3-0 tanpa balas bila ingin lolos ke babak berikutnya.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama:

Dortmund langsung mencoba tampil menekan sejak kick-off babak pertama dimulai, beberapa peluang pun mulai tercipta. Reus mencoba mengirim umpan pendek kepada Schmelzer, yang diteruskan sebagai umpan silang ke jantung pertahanan Madrid.

Sayang, bola keburu dihalau dengan baik oleh Pepe dan membuat gawang El Real masih cukup aman. Menit keenam, Reus kembali melakukan penetrasi ke lini pertahanan Madrid yang kemudian melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti.

Akan tetapi, sepakan mendatarnya masih bisa ditepi kiper Diego Lopez yang pada laga kali ini kembali dipercaya menjaga gawang Madrid menggantikan Iker Casillas. Lewandowski coba memaksimalkan bola rebound, namun gagal.

Robert Lewandowski akhirnya berhasil mencetak gol pembuka bagi Die Borussien pada menit ke-8. Bola hasil umpan crossing  Mario Gotze berhasil diteruskan dengan sepakan jarak dekat oleh Lewandowski hingga gagal dihalau oleh Lopez. Skor pun berubah 1-0.

Hingga pertengahan babak pertama ini, Madrid masih belum bisa menciptakan kans yang cukup berarti untuk menyamakan kedudukan. Ronaldo pun membuka kans El Real pada menit ke-23, tapi sepakan bebasnya masih ditepis Weidenfeller.

Alonso mencoba melepaskan tendangan ketiga kalinya di menit ke-29, namun lagi-lagi gagal mengancam gawang Dortmund. Menit ke-40, Alonso kembali mencoba berspekulasi dengan melepas sepakan keras, tetapi hanya membentur pemain Dortmund.

Tim tuan rumah nyaris mendapatkan hadiah penalti usai dijatuhkannya Reus oleh Varane di kotak terlarang, akan tetapi wasit menilai itu bukan sebuah pelanggaran. Pasukan Jose Mourinho pun langsung melancarkan serangan balik.

Hasilnya Cristiano Ronaldo berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-43. Berawal Higuain berhasi merebut bola dari blunder yang dilakukan oleh Hummels yang kemudian diteruskan kepada Ronaldo dan menjadi gol.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Ronaldo kembali berpeluang menambah golnya, namun sepakannya di depan gawang masih bisa digagalkan Piszczek. Alhasil, skor imbang 1-1 pun menjadi skor akhir di babak pertama.

Babak Kedua:
Memasuki interval kedua, Lewandowski langsung membuat Dortmund kembali unggul dengan skor 2-1 pada menit ke-50. Lewandowski berhasil lolos dari jebakan offside kala menerima umpan dari Marco Reus.

Pemain asal Polandia tersebut dengan mudah langsung melepas sepakan dari jarak dekat dan gagal dihadang oleh kiper Madrid, Diego Lopez. Para pemain Madrid sempat melakukan protes kepada wasit Bjorn Kuipers dari Belanda.

Protes dilakukan karena menilai Lewandowski sudah dalam posisi offside saat menerima umpan Reus, namun di tayangan ulang terlihat posisi sang striker on side. Madrid malah semakin terpuruk kala Lewandowski mencetak hattrick di menit ke-55.

Sepakan keras dari striker Die Borussien meluncur dengan baik ke pojok kanan atas gawang Madrid hingga tak mampu ditepis Lopez. Kini, Dortmund pun unggul 3-1 atas jawara La Liga musim lalu itu.

Selang dua menit, Madrid mencoba membalas lewat Modric walau sepakannya masih bisa dihalau pertahanan Dortmund. Disiplinnya barisan belakang Dortmund kembali menggagalkan usaha Ronaldo yang memberikan umpan silang ke Higuain.

Alih-alih mencoba membalas gol, Madrid malah semakin tertekan oleh pasukan Jurgen Klopp. Bahkan, Alonso sampai harus menjatuhkan Reus di dalam kota terlarang kala timnya tertekan, ulahnya tersebut pun dibayar dengan hukuman penalti.

Eksekusi penalti sendiri diambil oleh Lewandowski, sang pemain berhasil mencetak gol keempatnya dalam laga ini lewat sepakan penaltinya yang cukup keras ke tengah gawang pada menit ke-66. Tim asal Bundesliga ini membuat Madrid tak berdaya lewat skor 4-1.

Publik di Signal Iduna Park tak henti-hentinya memberikan dukungan usai tim kesayangannya memanjakan mereka lewat empat gol yang tercipta sejauh ini. Menit-menit akhir babak pertama, kubu Madrid sendiri terus mencoba memperkecil kedudukan walaupun masih gagal, alhasil skor 4-1 pun menjadi penutup pertandingan ini.

Susunan Pemain:
Borussia Dortmund (4-2-3-1)
: 1-Roman Weidenfeller; 26-Lukasz Piszczek (19-Kevin Grosskreutz 83), 4-Neven Subotic, 15-Mats Hummels, 29-Marcel Schmelzer; 6-Sven Bender, 8-Ilkay Guendogan (23-Julian Schieber 90); 16-Jakub Blaszczykowski (5-Sebastian Kehl 82), 10-Mario Goetze, 11-Marco Reus; 9-Robert Lewandowski

Real Madrid (4-2-3-1):
41-Diego Lopez; 4-Sergio Ramos, 2-Raphael Varane, 3-Pepe, 5-Fabio Coentrao; 6-Sami Khedira, 14-Xabi Alonso (8-Kaka 80); 10-Mesut Oezil, 19-Luka Modric (22-Angel Di Maria 69), 7-Cristiano Ronaldo; 20-Gonzalo Higuain (9-Karim Benzema 69)

Wasit: Bjorn Kuipers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *