Barca Diberondong Empat Gol Tanpa Balas

Selebrasi Thomas Mueller usai menjebol gawang Barca. (Foto: Reuters)

Bayern Munich berhasil menutup leg pertama semifinal kontra Barcelona dengan kemenangan di Allianz Arena, Rabu (24/4/2013) dini hari WIB. Bayern berhasil membuat Barca tak berdaya lewat empat gol tanpa balas.

Pada pertandingan kali ini, Barca seolah dibuat mati kutu oleh jawara Bundesliga musim ini, meskipun telah memainkan Lionel Messi yang pada beberapa laga harus absen. Bayern berhasil membuka gol lewat Muller pada menit ke-25 di babak pertama.

The Bavarians semakin merajai pertandingan di paruh kedua dengan tambahan tiga gol yang masing-masing dicetak oleh Mario Gomez, Arjen Robben dan Muller kembali. Skor 4-0 membuat pintu Bayern menuju babak final terbuka lebar.

Kekalahan ini sendiri memang belum mematikan langkah Barca ke babak final, karena masih ada leg kedua yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dini hari WIB. Namun, Barca harus mencetak lima gol tanpa balas ke gawang Bayern bila ingin lolos.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama:

Bayern langsung tampil menyerang sejak kickoff babak pertama dimulai. Arjen Robben nyaris membuka gol bagi Bayern pada menit kedua, bila sepakannya di depan mulut gawang Barca tak diblok oleh kiper Victor Valdes.

Kubu The Bavarians yang memakai skema 4-2-3-1 pada laga ini cukup mengancam barisan belakang Barca. Giliran Javi Martinez yang melakukan terobosan, sayang mendapat gangguan dari Marc Bartra hingga terjatuh di kotak terlarang tapi bukan penalti.

Menit ketujuh, Messi lakukan kerja sama dengan Alexis Sanchez namun usaha kedua masih digagalkan oleh Dante yang berada pada posisi yang benar. Menit ke-15, Bayern kembali mendapat peluang lewat sepakan Philipp Lahm, tapi masih bisa diblok Pique.

Akhirnya, usaha anak asuh Jupp Heynckes berbuah gol pada menit ke-25. Berawal dari bola lambung ke kotak penalti yang ditanduk oleh Dante, kemudian ditanduk kembali oleh Muller yang sudah berada di mulut gawang Barca hingga menjadi gol.

Unggul 1-0 membuat kubu tuan rumah semakin impresif dalam mengepung daerah pertahanan Barca, namun hanya mampu menghasilkan sepak pojok saja. Tandukan Gomez pada menit ke-32 hasil sepak pojok masih jauh melebar.

Sebelumnya, Alves terlihat handball dalam tayangan ulang di dalam kotak penalti namun hal tersebut luput dari pantauan wasit. Memasuki menit-menit akhir babak pertama, jual beli serangan ditampilkan oleh kedua tim.

Jelang berakhirnya babak pertama, laga berlangsung dalam tempo cepat dan sedikit panas hingga terjadi beberapa pelanggaran. Akan tetapi, tak ada gol yang tercipta kembali dan Bayern menutup babak pertama dengan skor 1-0.

Babak Kedua:

Habis turun minum, Bayern tanpa basa basi langsung menyerang ke daerah Barca. Hasilnya, gol pun kembali diciptakan Bayern pada menit ke-49 lewat sepakan Mario Gomez dari mulut gawang Barca usai mendapatkan assist dari Thomas Muller.

FC Hollywood sementara unggul 2-0 dari Lionel Messi cc. Bayern terus melakukan usaha yang kali ini diciptakan lewat Muller yang melepaskan sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-52, namun sepakannya masih melebar ke sisi kanan gawang Barca.

Barcelona sendiri memang bukan tanpa usaha dalam mengejar ketertinggalan, namun disiplinnya pertahanan Bayern membuat usaha tersebut mudah dipatahkan. Bayern malah membuat Barca semakin tak berdaya usai Robben mencetak gol pada menit ke-73.

Gol ketiga Bayern kali ini dicetak oleh Robben dengan cukup baik lewat sudut sempit di sisi kanan gawang Barca usai mendapatkan assist dari Bastian Schweinsteiger. Belum puas sampai di situ, tuan rumah malah membuat skor menjadi 4-0 pada menit ke-82.

Kini, Muller yang kembali membuat Barca tak berdaya di Allianz Arena dengan golnya yang cukup baik memanfaatkan umpan dari David Alaba. Barca sendiri cukup menguasai bola akan tetapi tak ada yang bisa menjadikan satu buah gol pun.

Menit-menit akhir babak kedua, para pemain Barca terlihat sedikit frustrasi dengan empat gol yang menyarang ke gawangnya hingga melakukan tindakan yang tak perlu dilakukan. Seperti yang dilakukan Jordi Alba dengan melempar bola ke wajah Robben.

Alhasil, wasit memberikan Alba kartu kuning padanya di menit 89. Bayern sendiri masih menciptakan beberapa peluang jelang laga berakhir, namun sayang tak menjadi gol dan laga sendiri berakhir lewat skor 4-0.

Susunan Pemain:
Bayern Munich:
1-Manuel Neuer; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 8-Javi Martínez, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller (14-Claudio Pizarro 83), 7-Franck Ribery (11-Xherdan Shaqiri 89); 33-Mario Gomez (30-Luis Gustavo Dias 71)

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro (7-David Villa 83)

Wasit: Victor Kassai (Hungaria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *